Presiden Jokowi Beri Honorer Hadiah di Akhir Jabatannya

oleh

InvestigasiMabes.Com | Jabatan Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan segera berakhir, dan para tenaga honorer akan mendapatkan hadiah.

Banyak rekrutmen ASN yang akan dibuka dan diprioritaskan oleh Presiden Jokowi untuk para tenaga honorer yang ingin meningkatkan karirnya.

Hal ini tentu saja menjadi kado indah dari Presiden Jokowi kepada Jabatan Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan segera berakhir, dan para tenaga honorer akan mendapatkan hadiah.

Banyak rekrutmen ASN yang akan dibuka dan diprioritaskan oleh Presiden Jokowi untuk para tenaga honorer yang ingin meningkatkan karirnya.

Hal ini tentu saja menjadi kado indah dari Presiden Jokowi kepada para tenaga honorer yang ingin meningkatkan kesejahteraan dan statusnya menjadi ASN.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, telah mengumumkan akan adanya penerimaan CPNS pada tahun 2023.
Tentu saja ini menjadi kesempatan bagi para tenaga honorer untuk mendaftar pada rekrutmen CPNS tahun 2023 meskipun masih ada perdebatan mengenai penghapusannya.

Menurut akun Instagram @nunuksuryani, selain CPNS 2023, ada juga pembukaan pendaftaran PPPK dan sekolah kedinasan.

Satu hal yang sudah direncanakan pemerintah dan dinanti-nanti oleh para tenaga honorer adalah perekrutan CASN 2023.

Ada dua jalur seleksi yang akan dibuka untuk rekrutmen CASN 2023: CPNS dan PPPK.

Bagi para tenaga honorer yang bercita-cita menjadi ASN di tahun 2023, hal ini tentunya menjadi kabar gembira.

Ada beberapa aspek krusial yang harus diperhatikan oleh masyarakat umum dan tenaga honorer dalam memilih CPNS dan PPPK tahun 2023.

Selain itu, beberapa profesi dan kategori honorer mendapatkan porsi perekrutan yang cukup besar dalam seleksi CPNS dan PPPK.”Pemerintah sudah memutuskan untuk melakukan rekrutmen CPNS dan PPPK pada tahun 2023,” kata Menteri PANRB, Azwar Anas.

Banyak tenaga honorer yang telah bekerja keras dan mengabdi selama hampir puluhan tahun mungkin memiliki harapan pada rekrutmen CASN 2023.

Apalagi sekarang MenpanRB telah menyatakan bahwa rekrutmen CASN 2023 dapat diakses oleh masyarakat umum dan tidak hanya institusi yang terakreditasi.

Menpan RB menyatakan bahwa perekrutan CPNS tahun 2023 akan dilkukan dengan sangat hati-hati.

Hal ini mendukung inisiatif Presiden Jokowi untuk merombak tenaga kerja pemerintah untuk menghasilkan tenaga profesional.

Mengenai PPPK, pemerintah akan memprioritaskan tenaga honorer dari sektor kesehatan dan pendidikan.

Kedua kelompok tenaga honorer ini menyediakan layanan utama yang dibutuhkan oleh penduduk Indonesia di setiap .

Untuk dapat mengisi banyak jabatan di daerah-daerah di Indonesia, guru honorer dan tenaga kesehatan honorer akan diutamakan untuk diangkat menjadi PPPK.

Berbagai elemen dan keadaan lain yang akan mempengaruhi seleksi CASN dari tenaga honorer juga menjadi pertimbangan dalam perekrutan CASN tahun 2023.

Jumlah pegawai negeri sipil yang pensiun, lokasi geografis suatu daerah, dan jumlah anggaran yang tersedia merupakan beberapa variabel.

Pemerintah masih meminta pemerintah daerah untuk memberikan data dengan benar dan mengusulkan berapa banyak ASN yang dibutuhkan untuk setiap dinas daerah.Anas Menteri PANRB meminta agar dinas-dinas mendata dan mengusulkan kebutuhan ASN hingga tahun 2023.

Kebutuhan formasi didasarkan pada usulan kementerian, lembaga, dan pemda, yang penetapannya mempertimbangkan faktor teknis dari Kepala BKN dan pandangan Menteri Keuangan (Menkeu).

Sebaliknya, CASN tahun 2023 juga mempertimbangkan sejumlah faktor spesifik, termasuk indikator tingkat pensiun pegawai pemerintah dan pemanfaatan sumber daya manusia.

Berikut ini adalah jabatan-jabatan yang menjadi prioritas utama dalam seleksi CPNS tahun 2023:

  1. Jabatan hakim
  2. Jabatan jaksa
  3. Jabatan dosen
  4. Tenaga teknis tertentu lainnya dengan bertalenta digital
  5. Jabatan pelaksana prioritas yang mengacu pada Peraturan Menteri PANRB Nomor 45/2022.

Lalu, untuk PPPK 2023, ini prioritas rekrutmennya:

  1. Jabatan fungsional guru
  2. Jabatan fungsional tenaga kesehatan3. Jabatan tenaga teknis lainnya.

Jadi, selamat kepada para tenaga honorer, khususnya guru honorer dan tenaga kesehatan yang akan diutamakan oleh pemerintah untuk diangkat menjadi ASN.

Semoga kado indah dari Presiden Joko Widodo ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Sehingga para tenaga honorer dapat segera mempersiapkan diri untuk mengikuti proses seleksi.

Oleh karena itu, setiap tenaga honorer yang berniat untuk mengikuti proses seleksi CPNS atau PPPK harus memberikan perhatian khusus pada informasi penting yang diberikan oleh Menteri PANRB.

Jadi ingatlah informasi ini dan jangan sampai terlewatkan, semoga bermanfaat. (Red)

Related Posts