Datangi Kantor Walinagari, Seorang Warga Kamang Mudiak, Kabupaten Agam Adu Data Dengan Pegawai Dupcapil

oleh

InvestigasiMabes.Com/Agam,   Seorang warga (RA) mendatangi kantor Wali Nagari Pauh Kamang Mudiak, Kabupaten Agam pada pukul 13.30 wib. Sabtu, (18/03/2023).

Sesampainya di Kantor Wali Nagari, saudara RA menanyakan tentang data Nomor Induk Kependudukan yang ada di KTP dan yang tertulis di kartu KIS (Kartu Indonesia Sehat) kok bisa berbeda, ujar RA.

Kemudian salah seorang dari Pegawai Dinas Dupcapil Kabupaten Agam menjawab bahwa nomor NIK yang ada di KTP RA tidak ganda, kalau memang ganda siapa yang pakai dan apa buktinya,” ujar salah seorang pegawai.

kemudian saudara RA menjawab, “jika memang NIK saya tidak ganda mengapa pada sa'at penerima bantuan (BLT) nama saya bisa di coret tidak bisa mendapatkan bantuan dengan alasan nomor NIK ganda,” ujar RA.

Pegawai kantor wali nagari ikut membenarkan bahwa RA memang tidak mendapatkan batuan BLT pada pembagian 2 kali terakhir.

Merasa tidak mendapatkan jawaban yang pas dan tidak punya bukti bahwa nomor NIK nya ganda, saudara RA langsung pulang. Sempainya dirumah, RA menanyakan kepada istrinya apa dia punya bukti bahwa no NIK suaminya RA itu ada. Kemudian sang istri menyodorkan selembar kertas yang dia dapat dari BPJS , di dalam kertas itu terdapat data nama orang yang memiliki nomor NIK yang sama dengan saudara RA.

Merasa tidak puas saudara RA kembali kekantor wali nagari untuk menanyakan tentang kejelasan no NIK nya tersebut . Sesampainya di kantor walinagari RA dilayani langsuung oleh Kabid Pelayanan Dupcapil Agam, Ade Putra.

Kabid pelayanan Dupcapil Agam melacak tetang orang yang memiliki nomor NIK yang sama dengan RA tersebut. Kabid pelayanan dupcapil menerangkan kepada RA, yang salah itu bukan data dari Dupcapil, dan justru BPJS yang mungkin salah input data” kata Kabid pelayanan tersebut.

untuk memperbaiki data bapak, silahkan datangi kantor BPJS dan samakan data bapak dengan yang ada di Capil,” ujar Ade.

Merasa sudah puas dengan keterang Dupcapil, saudara RA langsung pulang dan berencana akan mendatangi kantor BPJS kesehatan.(red)

Related Posts