SMAN 1 Kabandungan: “Mieling Poe Basa Indung Internasional”

oleh

InvestigasiMabes.Com |Sukabumi — Setiap tangga 21 Februari, diperingati sebagai Hari Bahasa Ibu Internasional atau “Poe Mieling Basa Indung”.

Berkaitan dengan itu Adam MP.d Kepala SMAN 1 Kabandungan, Melalui Wakasek Humas Kurnianingsih, MP.d mengatakan bahwa peringatan Poe Basa Indung, bukan menjadi seremonial saja, tetapi harus benar-benar diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Di Jawa Barat yang saya tahu ada tiga bahasa yakni Sunda, Betawi dan Jawa” kata Kurnianingsih. Yang akrab di sapa Ibu Nia, kepada awak media, Selasa (21/2/2023).

Masih dikatakan Nia khususnya penggunaan bahasa Sunda harus digunakan oleh generasi milenial tidak terkecuali para pelajar yang ada di daerah Kabandungan.

“Ulah gengsi cumarita ku basa Sunda. Kitu oge maca buku basa Sunda. Hal eta sangkan Basa Sunda hirup hurip tur mingkin mekar.”

Saat disinggung mengenai pengajaran basa Sunda, di sekolahnya, diajarkan untuk kelas berapa saja? Kata Nia semua tingkat ada pelajaran basa Sunda, dua jam selama satu minggu.

“Wilujeng Mieling Poe Basa Indung, Miara Basa Sunda Ngajungjung Darajat Bangsa,” pungkasnya.

Related Posts