GAWAT !! Kepri Dan GWI Kepri Gelar Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Kota Tanjungpinang

oleh

InvestigasiMabes.Com |Tanjungpinang — Hari Pers (HPN) yang jatuh pada tanggal 09 Februari 2023 setiap tahun diperingati oleh Insan Pers seluruh Indonesia untuk tahun 2023 ini HPN ke 28 diselenggarakan di kota Provinsi Sumatera Utara ().

Meski demikian, perayaan HPN juga dirayakan di sejumlah . Herannya, di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), justru terkesan tak ada acara HPN. Soalnya, seminggu lebih telah berlalu dari tanggal yang telah ditetapkan, namun gaung dari Pemerintah Daerah (Pemda) untuk memperingatinya, tak kunjung terdengar.

Tapi belakangan, Insan Pers di daerah ini merasa lega, lantaran masih ada pihak-pihak yang terpanggil untuk memperingatinya. Yaitu, organisasi wartawan yang diberi nama, Gaung Wartawan Bermartabat (Gawat) Provinsi Kepri. Organisasi ini tak sendiri. Justru berkolaborasi dengan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gabungan Wartawan Indonesia (GWI) Provinsi Kepri.

Meski molor dari tanggal yang telah ditetapkan, namun acara memperingati HPN di Kepri bisa terlaksana.

Berbagai pihak juga tampak antusias mendukungnya. HPN ke 28 pun terlaksana di Tanjungpinang Provinsi Kepri.

Acara tersebut berlangsung di Gedung Zavier Chop & Resto. Tak jauh dari Bundaran Naga Kompleks Bintan Centre kilometer 9 Tanjungpinang Provinsi Kepri, Rabu (22/02/2023).

HPN kali ini bertemakan “Pers Bangkit Menuju Era Digital Dalam Mewujudkan Pemberitaan yang Demokratis, Aktual, dan sejuk Jelang 2024” Selain kegiatan utama, acara tersebut juga diisi dengan acara Ngobrol Santai (Dialog).

Tengku Azhar, penggagas acara dan ditetapkan sebagai ketua panitia mengatakan, “saya salah seorang Insan Pers yang membawahi organisasi Gawat Kepri, bersama rekan lainnya, terpanggil untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Karena, saya melihat, Pemda seakan tak merespon HPN di daerah ini, “ujar Tengku (sapaan akrab-red) di acara kegiatan, (22/02/2023).

Sebenarnya, kata Tengku melanjutkan. Acara ini bisa terselenggara, berkat dukungan dari berbagai pihak. Terus terang, dukungan datangnya dari, Kepri, Tanjungpinang, pihak pengusaha dan dari lembaga lainnya,” katanya.

Masih menurut Tengku. “Kegiatan ini terbuka untuk umum. Selain untuk kalangan Insan Pers di Kepri, juga terbuka untuk masyarakat. Tak hanya itu, kita juga melaksanakan kegiatan sosial berupa pemberian Sembako kepada sebagian masyarakat yang berada di pesisir. Melalui media ini, saya juga sangat berterimakasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi terhadap kegiatan ini. Karena, berkat dukungan dari mereka, acara ini bisa terlaksana sesuai rencana, “tutup lelaki asal Nangroe Aceh Darussalam (NAD) ini.

Acara HPN yang terbilang sukses ini, mendapat pujian dari sejumlah wartawan yang hadir, “saya salut melihat kerja keras panitia untuk melaksanakan acara ini. Dilihat dari banyaknya undangan yang hadir, menurut saya acara ini berjalan sukses,” imbuh Indra, salah seorang wartawan yang ikut memeriahkan acara tersebut. (Endra)

Related Posts