Pagelaran Wayang Kulit Turut Meriahkan Ulang Tahun Desa Sumber Agung

oleh

InvestigasiMabes.com | Selatan — Peringati Hari Ulang Tahun yang ke- 49 Pemerintah Desa Sumber Agung Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan, melaksanakan ruat Desa sekaligus mengelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk, Rabu, malam (01/03/2023).

Pertunjukan wayang kulit yang di gelar di lapangan Desa, di hadiri Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, Sekertaris ,Thamrin bersama para pejabat Pemkab Lampung Selatan.

Nampak pula hadir Ketua TP PKK Hj. Winarni Nanang Ermanto, Ketua Dharma wanita,Yeni Thamrin, Sragi, Murizal Effendi URIZ, SH, Kapolsek Sragi Iptu Zuhdi, bersama Danramil, dan seluruh Kepalala Desa Kecamatan Sragi serta ratusan masyarakat Desa Sumber Agung.

Sebelum pertunjukan wayang kulit di mulai,Kepala Desa Sumber Agung, Ali Rohim menjelaskan pertunjukan wayang kulit di gelar adalah salah satu rangkaian Ruat desa sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun ( HUT) desa yang Ke-49 tahun.

“Pertunjukan wayang kulit ini,salah satu rangkaian memperingati ulang tahun desa yang ke-49,yang sebelumnya siang hari tadi telah di laksanakan ruat desa, dan akan di laksanakan selama dua hari, dengan menampilkan berbagai pertunjukan kesenian tradisional milik desa” tutur Ali Rohim.

Lebih lanjut Ali Rahim menjelaskan, ruat desa di laksanakan bertujuan untuk mengenang para tokoh pendiri desa yang terdahulu yang turun temurun dan telah menjadi salah satu tradisi desa, dan sekaligus memberikan pemahaman para generasi muda supaya tetap melestarikan budaya adat istiadat yang sudah menjadi tradisi masyarakat desa Sumber Agung.

Dari berdirinya Desa Sumber Agung Pada tahun 1974 sampai 2023, sudah 6 kali pergantian kepala desa, dan yang keenam ini dirinya di percaya masyarakat untuk memimpin Desa Sumber Agung. Terdiri ada 4.678 , jiwa 1.545, kepala Keluarga 6 Dusun dan 24 Rt.

” Desa Sumber agung termasuk Desa majemuk atau Desa moderasi gambaran Indonesia kecil karena terdiri 4 suku ada lima , alhamdulillah kami selama ini bisa hidup rukun dan saling berjaga kerukunan umat beragama,” kata dia.

Dia juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk selalu mendukung dan melaksanakan program-program Bapak Bupati Lampung Selatan H.Nanang Hermanto karena beliau adalah satu-satunya sosok bupati yang sangat tangguh.

Sementara itu, Bupati Lampung Selatan Dalam Kesempatan itu menyampaikan, berdirinya suatu desa merupakan suatu sejarah momen yang tidak bisa di tingalkan, karena saat ini banyak generasi mudah yang lupa dengan sejarah.

Jadi menurut Bupati, dengan dilaksakan ruat desa dan pagelaran wayang kuit, masyarakat Sumber Agung sebagai salah satu bentuk mengenag sejarah berdirinya Desa Sumber Agung.

“Alhamdulillah ruwat Desa tadi telah melaksanakan kegiatan-kegiatan doa bersama,dan banyak mengelar pertunjukan kesenian, karna agama islam dulunya penyebarannya melalui wayang kulit, ini salah satu sejarah maka kita tidak boleh sekali-kali melupakan sejarah,” ucap bupati mengakhiri sambutanya.(Rif)

Related Posts