Mantan Gubernur Sumbar dan Ketua Umum PSSI, Letnan Jenderal TNI (HOR) Azwar Anas, Meninggal Dunia.

oleh

Investigasimabes.com | — Berdasarkan informasi pesan singkat yang didapat Investigasimabes.com, Azwar Anas meninggal di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto pada Minggu (5/3/2023).

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah berpulang ke Rahmatullah Letjen TNI (Purn.) Ir. H. Azwar Anas Dt. Rajo Suleman bin Anas pada hari Minggu, 5 Maret 2023, pada pukul 11.42 WIB di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta,” demikian bunyi pesan tersebut.

“Mohon doa agar almarhum ditempatkan di sisi terbaik Allah SWT dalam keadaan husnul khatimah,” demikian pesan tersebut.

Sebelumnya, Azwar Anas memang sempat dirawat di rumah sakit. Menpora Zainudin Amali pun sempat menjenguknya di RSPAD Gatot Soebroto pada Minggu (22/1/2023).

Menurut rilis Kemenpora kala itu, disebutkan bahwa Azwar Anas dirawat di rumah sakit karena mengalami masalah pernapasan.

Adapun pria kelahiran , Sumatera Barat, itu memiliki peran penting dalam perkembangan sepak bola Indonesia.

Ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum PSSI pada periode 1991-1998.

Azwar Anas dikenal sebagai sosok yang menggabungkan kompetisi Galatama dan Perserikatan pada 1995.

Dia juga yang memprakarsai proyek mercusuar dengan menggandeng klub Liga Italia, Sampdoria, untuk mendidik pemain muda Indonesia.

Kala itu, di bawah kepemimpinan Azwar Anas, pemain timnas U19 Indonesia dikirim ke Italia untuk mengikuti turnamen junior Primavera (1993-1994) dan Baretti (1995-1996).

Bima Sakti, Kurniawan Dwi Yulianto, dan Kurnia Sandy adalah sejumlah nama legenda sepak bola Indonesia yang lahir dari program tersebut.(Red)

Related Posts