Seribu Dua Ratus Delapan Puluh Tiga Santri Dari Delapan Puluh Tiga TPQ Kota Ambon, Mengikuti Wisuda Massal Al-Qur’an

oleh

InvestigasiMabes.Com|Kota Ambon — Acara wisuda Al-Quran masal Santri Tempat Pengajian Quran (TPQ) se-Kota Ambon mengadakan Pokja penyuluh Islam pada Kementerian Agama Kota Ambon dengan mengusung tema penguatan literasi Al-Quran Menuju Kota Ambon yang religius, harmonis dan selamat.

Hadir dalam kesempatan ini Pj Walikota Ambon Bapak Bodewin Watimena,kepala kementerian agama provinsi ,ibu Widya Murad Ismail,para peserta wisuda masal Al-Qur'an,dan imam besar masjid raya Al Fatah, bertempat di islamic center, Senin, (07/03/2023).

Watimena dalam sambutannya katakan Di era globalisasi dewasa ini, kita berhadapan dengan pengaruh globalisasi yang bisa berdampak pada kemerosotan moral bagi generasi muda, kita sangat prihatin ketika anak-anak muda kita terpengaruh dengan minuman keras, narkoba, pergaulan bebas,kemaksiatan dan jauh dari nilai-nilai agama untuk itu kita harus bergandengan tangan membentengi anak-anak kita dari pengaruh negatif era globalisasi dengan nilai-nilai luhur Agama yang salah satunya menghidupkan budaya membaca dan mengamalkan Al-Quran bagi generasi anak muda Islam di Kota Ambon.

Mengingat Al-Quran sebagai pedoman hidup umat islam , tentunya mengandung nilai-nilai luhur yang menuntun umatnya menuju jalan kebenaran dan kebaikan dengan akhlak yang mulia,disisi lain Al-Quran juga memiliki berbagai keistimewaan tersendiri yang salah satunya sebagai sumber ilmu pengetahuan sehingga literasi Al-Quran sebagai sebuah gerakan dan semangat yang ditanamkan pada kegiatan ini menjadi penting untuk dikenalkan pada anak-anak muda kita sebagai generasi penerus bangsa.

Di kesempatan yang sama kami juga mewancarai Ketua seksi Humas.Bapak Yahya Narahaubun,S,Ag penyuluh agama Islam kota Ambon”bahwa ini adalah even yang paling luar biasa selama kondisi covid19 ini baru pertama kali lagi diadakan wisuda masal Al-Qur'an ini.

Oleh karena itu menurut beliau bahwa kegiatan acara wisuda masal Al-Qur'an sebenarnya banyak yang mau berpartisipasi atau mengikuti,Tapi karena kondisi dan hari ini bertetapan dengan hari anak masuk sekolah jadi agak berkurang jumlah peserta,tapi ya Alhamdulillah peserta wisuda masal Al-Qur'an ini cukup banyak sekali sekitar 1283 peserta dari 83 TPQ,Oleh karena itu ini sebagai satu langkah awal karena tahun tahun kemarin agak tertunda penyelenggaranya sebab bangsa kita mengalami suatu pandemi yaitu covid19 yang menyebar ke seluruh pelosok Nusantara termasuk Maluku.tapi di tahun ini kegiatan wisuda Qur'an hari ini sangat luar biasa ,ada beberapa tempat pengajian Qur'an (TPQ) yang juga ikut partisipasi dari luar kota Ambon,antara lain pulau tiga di negeri ureng,dari Maluku tengah.

Oleh karena itu ini adalah bagian dari semangat dari para peserta atau santri ini supaya memberikan motivasi kepada masyarakat khususnya anak anak kita di kota Ambon dan sekitarnya.

Harapan kami saat ini mudah-mudahan dengan adanya wisuda Qur'an,hal ini lebih bersemangat lagi untuk generasi kita,Dan satu hal ini saya sampaikan dan minta dari kami selaku penyuluh agama khususnya agama Islam di kota Ambon yang punya gagasan ini setiap tahun dilakukan kegiatan serupa.

Lanjut tujuan dari acara ini adalah untuk memotivasi kembali anak anak kita baik Islam maupun Nasrani akan diadakan kegiatan seperti ini juga,karena penyuluhan ini dari agama Islam, Kristen, katolik maupun Hindu dan Budha semua ada di kementerian agama.

Oleh karena ini untuk sekali lagi untuk memberikan motivasi yang sangat baik kepada generasi kita.

Dan harapan kami insya Alloh dengan adanya kegiatan wisuda Quran ini akan lebih menambah lagi ke Semangatan buat anak anak kita, tutupnya. (Jean Tuhumena)

Related Posts