Ratusan Personil Diterjunkan dalam Pengamanan Laga Lanjutan PSS Sleman Melawan Persita Tangerang di Stadion Manahan Solo

oleh

InvestigasiMabes.com  Surakarta —  Ratusan personil bakal diterjunkan aparat dalam pengamanan laga lanjutan Liga 1 yang akan mempertemukan PSS Sleman kontra Persita Tangerang di Stadion Manahan Solo, Selasa (27/2/2024) pekan depan.

Meski demikian jumlah personil tersebut masih bisa berubah melihat hasil Technical Meeting (TM) yang akan diselenggarakan Jumat (23/2/2024) besok.

Hal ini diungkapkan Kapolresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi, SIK.MH.MSI saat dihubungi melalui Handphone, Kamis (22/2/2024).

Dari informasi yang didapat sementara, kemungkinan jumlah suporter yang akan datang dari Sleman sekitar 5000 orang. “Karena pertimbangan main siang, dan masih jam kerja,” ujar Kapolresta.

“Jadi dengan estimasi (jumlah penonton) tersebut, nanti akan ditempatkan di tribun timur. Untuk personil gabungan sekitar 500 orang. Tapi jumlah tersebut masih bisa berubah ya, tergantung hasil dari TM yang digelar besok,” jelasnya.

Untuk skema pengamanan sendiri, lanjut Iwan, masih menerapkan mekanisme yang ditetapkan PSSI.

Dimana ring 1 atau dalam tribun penonton diawasi oleh steward, sedangkan aparat gabungan berada di ring 2 dan ring 3 sembali melihat kondisi kedepan.

Disinggun soal penonton diluar estimasi, akan dibahas pada saat TM hari ini. Untuk itu, Iwan mengatakan itu nanti menjadi tanggung jawab dari tiap-tiap korlap suporter.

“Harus dikoordinir betul. Jadi informasinya harus valid. Termasuk mobilisasi dari Sleman ke Solo harus ada koordinatornya. Harapan kita harus ada komunikasi antara korlap dengan penyelenggara di Solo,” urai Kapolresta.

Terkait apakah Stadion Manahan Solo akan menjadi homebase PSS Sleman hingga akhir musim pasca Stadion Maguwoharjo direnovasi, Iwan menuturkan belum mendapat kepastian tersebut.

“Itu belum tahu ya saya, apakah hanya sebagai venue atau homebase. Sementara kita masih fokus pertandingan terdekat saja,” ujarnya.

Namun, Kombes.Pol. Iwan memastikan tidak akan ada gejolak di Solo, sebab pihaknya terus berkoodinasi dengan semua unsur suporter Persis Solo, termasuk untuk pertandingan Selasa pekan depan.

“Intinya Solo sebagai tuan rumah Welcome ya, jadi mereka (unsur suporter persis) siap menerima suporter Sleman,” pungkasnya. (Red).