Polres Ponorogo Berhasil Amankan Komplotan Pelaku Curas Antar Provinsi

oleh

InvestigasiMabes.com | Ponorogo – Satreskrim Ponorogo berhasil mengamankan tiga pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) yang berinisial M (43), S (33) dan J (43).

Ketiganya terbukti melakukan curas di wilayah Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo pada Rabu (08/02/2023) sore hari sekira pukul 17.00 Wib.

Kapolres Ponorogo AKBP Catur C. Wibowo, S.I.K, M.H, mengatakan, dalam itu ketiga pelaku melakukan kekerasan dengan cara menyekap korban.

“Saat itu, pelaku hendak berniat mencuri dengan mengambil alih truck box berisi rokok merk Grow dengan jumlah 1.352 bal atau 214 box atau 171.200 yang dikendarai oleh korban (sopir),” jelas AKBP Catur saat konferensi pers di Mapolres Ponorogo, Selasa (14/03/2023).

Para pelaku mencegat truck tersebut yang sedang dalam perjalanan dari Malang ke arah Madiun di wilayah Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo.

“Jadi Modus yang digunakan para komplotan ini, para pelaku berbagi tugas. Ada yang mencegat truck, menyekap sopir dan kemudian membawa kabur truck. Sopir truck dibuang di kawasan Jawa Tengah,” kata AKBP Catur C. Wibowo.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Ponorogo AKP Nicolas Bagas YK. S.H., M.H. menerangkan bahwa ketiga pelaku sudah melakukan pembuntutan terhadap sasaran semenjak dari wilayah hukum Malang tepatnya di pakis haji yang merupakan distributor rokok bermerek G.

“Dimana rokok tersebut akan dikirimkan ke Madiun, ternyata yang seharusnya rokok tersebut pada tanggal 8 Februari 2023 malam harus tiba di Madiun, namun dari hasil pengecekan oleh manajemen pabrik ternyata menyimpang dari arah yang seharusnya dan GPS kendaraan sudah mati,” tuturnya.

Lanjut AKP Nicolas Bagas, diwaktu yang sama pihak menajemen mendapat informasi bahwa driver truck pembawa rokok tersebut ditemukan di Banjar Jawa barat dalam keadaan atau kondisi disekap baik mulut maupun tangan.

“Sedangkan untuk kendraan truck ditemukan di daerah Purworejo Jawa tengah,” katanya.

Dijelaskannya lebih dalam, atas kejadian tersebut kemudian pihak manajemen melaporkan ke Satreskrim Polres Ponorogo pada (10/03/2023) dan langsung di tindak lanjuti dengan melakukan serangkaian penyelidikan dengan teknik kepolisian.

“Alhamdulillah pada tanggal 4 maret 2023 tim Resmob Polres Ponorogo berhasil mengamankan tiga orang pelaku M, S dan J di wilayah beserta barang bukti. selain ketiga pelaku tersebut, ada dua orang pelaku lain yang saat ini masih DPO yang berinisial Y dan O ,”jelasnya.

Para pelaku tersebut merupakan residivis dan pelaku kejahatan lintas provinsi.
Tersangka M sebagai pembawa kendaraan truk, tersangka S berperan membekap dan memborgol korban dan tersangka J membawa Calya putih.

“Otak yang mengatur dari awal sampai akhir ialah DPO inisial O, tugas Tersangka Y memberhentikan truk. Y juga menyamar sebagai dan menggunakan senjata soft gun untuk melumpuhkan sang sopir,” Tutup AKP Nicolas Bagas.

Atas Perbuatannya, Para pelaku dikenakan Pasal 365 ayat (2) ke 2 KUHP, yaitu tindak pidana pencurian yang disertai kekerasan dan dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan bersekutu.
(Humas/ Yanto)

Related Posts