PT. SMK Utama Al- Jabal Nur Samboja Mampu Menjual Rumput Laut 50 Ton/ Bulan

oleh

InvestigasiMabes.com l — PJ. Gubernur Kalimantan Timur, Dr. Drs. Akmal Malik, M.Si menghadiri acara Dinas dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur, sosialisasi pemanfaatan blangko ijazah SMK tahun ajaran 2023/2024 serta penandatangan kerja sama antara satuan pendidikan dan dunia kerja di dunia industri di Hotel Grand Tiga Mustika Kota Balikpapan 17/05/2024.

Berdasarkan usaha dan kerja keras Ibu Ida Prahastuty, S.Sos. M.Si, dapat di fasilitasi oleh Dinas Pendidikan. Dalam hal ini, kami SMK untuk melakukan inovasi terhadap jurusan kami karena kami di SMK Utama Al- Jabal Nur Samboja ada agri bisnis, tanaman pangan sehingga dari situ kami berfikir bagaimana caranya melakukan perkembangan pertama budidaya rumput laut,
Untuk saat ini baru 50 ton/ bulan dan kami akan mengupayakan sampai mencapai lebih dari 50 tan perbulannya Dengan memanfaatkan lahan dan potensi anak didik kami alhamdulillah tahap demi tahap dengan di fasilitasi Dinas Pendidikan Prov Kaltim kami mendapatkan teman mitra untuk berkolaborasi jadi kami membutuhkan kurang lebih enam bulan lamanya kami berproses dan akhirnya rumput laut yang kami tanam dam kami petik hari ini bisa luding dan diterima pasar terutama Mitra kami PT. Kebula Raya Bestari.

Ibu Ida Prahastuty sekaligus Ketua Yayasan Al Jabal Nur Kutai Kartanegara Samboja dan memikirkan siswa siswi nya jika lulus sekolah mampu menjadi orang yang bermanfaat, Jumat (17/05/2024).

Pj. Gubernur dalam sambutannya menyampaikan SMK Utama Al Jabal Nur agar mampu menciptakan generasi yang sangat luar biasa. Contohnya, seperti rumput laut adalah awal kerja yang luarbiasa ini buktinya Pt. SMK Utama Aljabal Nur sudah siap membuka lapangan kerja bagi kalangan masyarakat.

“Kendala kami di awal-awal kesannya si mudah tapi setelah terjun wah itu nda mudah karena kami harus tau berapa mil jadi daratan ke lokasi penanaman dan berapa kedalaman air laut dan cara mengikatnya dan tidak bisa di pungkiri dilaut ada penyakit seperti lumut di makan ikan namanya juga dilaut bahkan sampai di tabrak kendaraan laut, kejadiannya pun juga selalu ada belum lagi kita sudah kumpulkan penerimaan tiba tiba berubah harga yah itu semua dinamika”, ungkap Ibu Ida Prahastuti.

Ia juga berharap Pemerintah selalu mendukung dan mendorong agar SMK Al-Jabal Nur dapat berkembang lebih pesat kedepannya agar alumni anak anak Alumni SMK Utama Al Jabal Nur mampu membuka lapangan kerja dari berbagai bidang yang ada.

Pada kesempatan ini, Pj. Gubernur Kaltim Dr. Drs. Akmal Malik, M.Si. dalam sambutannya mengatakan, Ibi Ida Prahastuti mampu mengembangkan bisnis agar mendapatkan nilai tambah.

“Kita akan terus bekerja sama mengembangkan pendidikan untuk generasi bangsa yang lebih baik, layanan yang berkwalitas, pendidikan yang unggul, serta peluang ekonomi yang lebih besar untuk masyarakat”, ujar Pj. Gubernur Kaltim.

Ibu Ida Prahastuty S.Sos, M.Si, secara pribadi dan atas nama Yayasan Al Jabal Nur mengucapkan terima kasih banyak kepada pemerintah provinsi terhadap kami terutama Kepada Pak PJ. Gubernur Kalimantan Timur yang begitu semangat untuk melakukan turunan-turunan dari produk rumput laut ini dan mudah- mudahan ini juga bukan untuk menjual bahan mentahnya saja tapi juga mampu mengolah dengan nilai tambah lagi pasti kami bahagia sekali.

Umarali

Related Posts