Karnaval Kirab Tumpeng Sedekah Bumi Desa Mindahan Jepara, Berlangsung Sangat Meriah

oleh

InvestigasiMabes.com | – Sedekah Bumi merupakan tradisi yang dilaksanakan turun- temurun dari nenek moyang. Hal yang sama dilaksanakan di Desa Mindahan, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara jawa Tengah.

 

Acara Sedekah Bumi tersebut, digelar sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah diberikan kesejahteraan di Desa Mindahan dengan tanah yang subur dan hasil bumi yang berlimpah.untuk keberlangsungan hajat hidup bagi masyarakat khususnya di Desa Mindahan, Minggu (23/6/2024).

 

Acara tersebut dibuka oleh petinggi / Kepala Desa Mindahan Agus Hery purwanto dihadiri jajaran perangkat Desa, Muspika, Linmas, BPD, Batealit dan seluruh warga sekitar.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan doa dan makan bersama di Balai Desa Mindahan, sebagai wujud syukur, kebersamaan, dan kerukunan masyarakat desa mindahan.

 

Turut hadir Bpk H. Andang Wahyu Triyanto, memberikan support dan dukungannya pada kegiatan sedekah bumi yang dilaksanakan oleh masyarakat desa Mindahan.

 

Tak hanya itu Andang Wahyu Triyanto juga  mengikuti  karnafal dan prosesi kirab sedekah bumi di desa Mindahan.

 

Sedekah Bumi desa mindahan, kali ini sangat meriah dengan puncak acara arak arakan gunungan, dimeriahkan dengan orgen tunggal.

 

Kepala Desa Mindahan, Agus Hery purwanto dalam sambutannya mengatakan, “Kita harus ingat perjuangan leluhur kita, nguri- uri dan  melestarikan budaya Jawa, budaya yang ada di desa kita di antaranya yaitu Sedekah Bumi,” ujarnya.

 

Ia juga menambahkan, “Disamping doa dan syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, Sedekah Bumi juga bertujuan untuk menumbuhkan nilai- nilai gotong royong dan persatuan, yaitu menjaga kerukunan antar anggota masyarakat,” imbuh Agus Hery purwanto.

 

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Agus Hery purwanto juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat desa mindahan, atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

 

Acara dimulai Pukul 13.00- 16.00 wib kemudian dilanjutkan dengan Kirab Gunungan dengan sejumlah 27 gunungan, yang diikuti oleh seluruh elemen masyarakat diantaranya Petinggi, Carik, perangkat, RT, RW, dan seluruh lembaga desa serta masyarakat Desa  Mindahan.

 

Masing-masing lembaga membawa gunungan sebagai simbol kemakmuran desa mindahan yang mayoritas penduduknya petani.

 

Gunungan dibuat di wilayah masing-masing sehari sebelum acara karnaval. Tampak antusiasme dari masyarakat yang mengikuti proses pembuatan gunungan sampai pelaksanaan Kirab Gunungan.

 

Anshori Ketua Panitia kegiatan mengatakan, “Budaya gotong royong masyarakat desa harus selalu dipupuk, tanpa gotong royong dan kerja keras masyarakat kegiatan ini tidak dapat terlaksana dengan baik,” ujarnya.

 

Lebih lanjut ketua panitia menyampaikan, “Semoga acara Sedekah Bumi dapat terlaksana di tahun- tahun mendatang dengan Kirab Budaya & Gunungan lebih meriah lagi,” harap Anshori.

 

Pemberangkatan kirab gunungan siang hari ini dibuka dengan doa bersama, dipimpin oleh sesepuh desa Mindahan, dengan memohon kepada Allah SWT, agar bumi selalu subur dan masyarakat , serta keberkahan rejeki, diberikan dan keselamatan.

 

Kirab Gunungan mengelilingi desa Mindahan, diawali dari  balai desa mindahan dan finish di lapangan desa Mindahan.

 

Selesai acara kirab, gunungan diturunkan dilapangan desa Mindahan, kemudian masyarakat berebut hasil bumi yang terdapat di gunungan.

 

Sungguh pemandangan yang luar biasa indahnya dan masyarakat beranggapan akan mendapatkan keberkahan dari hasil bumi yang terdapat pada gunungan yang didapatkannya.

 

Ditempat lain, Sekretaris Desa Mindahan Anshori, mengatakan, “Sedekah Bumi merupakan budaya yang harus dilestarikan, Kirab Gunungan sebagai wujud syukur masyarakat Temulus atas hasil pertanian yang melimpah,” ujarnya.

 

Sementara itu, di lapangan desa Mindahan diadakan pagelaran wayang kulit dan malam harinya dilanjutkan Acara Pengajian.

 

(Arif M).

Related Posts