PT.Generasi Agung Perkasa Perusahaan Pertambangan Nikel Didemo Warga Desa Parasi

oleh

InvestigasiMabes.comKonawe Selatan —  Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan Nikel PT. Generasi Agung perkasa di demo oleh masyarakat desa Parasi pada Rabu 12/04/2023,  salah satu tuntutan mereka adalah meminta kepada perusahaan agar perusahaan  merekrut karyawan lokal untuk bisa bekerja di perusahaan tersebut.

Menurut salah satu warga  bahwa banyak karyawan yang bekerja di perusahaan Nikel ini di ambil dari luar , sementara masyarakat lokal sendiri masih banyak yang belum bekerja alias pengangguran.

Saat dijumpai wartawan InvestigasiMabes.com salah seorang warga mengatakan ” Ada beberapa orang yang sudah masuk bekerja di perusahaan tersebut, namun di keluarkan secara tidak hormat, dan tidak sesuai SOP pemutusan hubungan kerja, sementara mereka masuk melalui prosedur perusahaan dan pemerintah setempat.

Salah satu masyarakat yang ada di desa Parasi Ilham S.H mengungkapkan bahwa masyarakat desa Parasi masih sangat membutuhkan pekerjaan, karena IUP perusahaan tersebut ada di wilayah kami, demi kesejahteraan masyarakat kami, karena kami yang akan merasakan dampak dari kehadiran perusahaan tersebut , karena hilang nya mata pencaharian kami seperti perkebunan dan Kelautan dengan adanya aktivitas penambangan di desa kami.

Korlap demo tersebut mengatakan bahwa, harusnya perusahaan lebih memprioritaskan masyarakat lokal, terkhusus di desa Parasi, karena Perusahaan pertambangan Nikel ini berada di wilayah Desa Kami, dan  apabila tuntutan mereka tidak di indahkan oleh PT, tersebut maka akan mengadakan demo besar besaran.

Demo yang dikawal pihak kepolisian dari Konawe Selatan, dan Palangga Selatan, berjalan tertib, Arwan HRD perusahaan tersebut melakukan negosiasi dengan perwakilan pendemo beserta perangkat Desa berakhir dengan serta akan membicarakan lebih lanjut dibalik desa untuk membahas tuntutan warga Desa.(Andriawan polingay)

Related Posts