TNI Polri Siap Amankan Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 di Wilayah Maluku

oleh -70 Dilihat

InvestigasiMabes.Com|Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa menghadiri apel gelar pasukan Operasi Ketupat Salawaku 2023, dalam rangka pengamanan lebaran Idul Fitri 1443 H yang berlangsung di Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Kota Ambon, Senin (17/04/2023).

Pelaksanaan apel gelar pasukan ini, dipimpin langsung Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif. Saat membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kapolda Maluku mengatakan, apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023. Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergisitas Polri dengan stakeholder terkait untuk mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H.

“Seperti kita ketahui, bahwa kerja keras bersama pada pengamanan mudik lebaran tahun lalu mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Berdasarkan Survei Indikator periode 5 – 10 Mei 2022, terdapat 73,8% masyarakat merasa puas atas kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2022,” ungkap Kapolda.

Penilaian positif tersebut harus menjadi pemacu semangat, sehingga pengamanan mudik tahun 2023 mampu dilaksanakan lebih baik. Terlebih lagi, Kemenhub RI memperkirakan potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan dari 85,5 juta orang pada tahun 2022, menjadi 123,8 juta orang pada tahun 2023 atau meningkat 44,8%.

Berkaitan dengan hal tersebut, Presiden Joko Widodo menekankan “hati-hati, tahun ini ada lompatan besar masyarakat yang mudik”. Dari 86 juta ke 123 juta dari survei. Artinya, ada kenaikan kurang lebih 45 persen. Ini harus dihitung dan dikalkulasikan dengan baik.

“Oleh sebab itu, Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal, melalui Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2023” selama 14 hari sejak 18 April-1 Mei 2023,” kata Kapolda.

Pada kesempatan yang sama, Pangdam menyampaikan, TNI siap membantu Pemerintah Daerah dan pihak Kepolisian dalam menjaga Kamtibmas selama perayaan Idul Fitri, Pangdam juga menghimbau kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga situasi yang saat ini sudah kondusif “TNI Siap membantu Pemerintah Daerah, membantu Kepolisian Republik Indonesia, saya himbau mari kita jaga keanekaragaman di Maluku, supaya suasana yang sudah kondusif ini terjaga dengan baik sehingga dapat merayakan hari raya Idul Fitri dengan damai, indah, berdampingan dan kembali suci.” himbau Pangdam.

Selain tampak unsur Polri, dalam apel gelar pasukan tersebut Kodam XVI Pattimura juga menurunkan personelnya, diantaranya dari Polisi Militer, Yonif Raider 733/Masariku, Denkav 5/BLC beserta kendaraan taktisnya.

Turut hadir sejumlah pejabat pada apel gelar pasukan tersebut diantaranya, Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Drs. Murad Ismail, Sekda Prov Maluku Saddali Ie, Kabinda Maluku Brigjen TNI Anton Irianto Popang , Wakapolda Maluku Brigjen Pol Stephen M. Napiun, Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI Said Latuconsina, Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Tiopan Hutapea, S.Sos., dan stakeholder lainnya.(Pendam16)(*